Minggu, 16 Maret 2008

Lampiran 3

Silabus

Sekolah : ...

Mata Pelajaran : ...

Kelas/Semester : VII/1

Standar Kompetensi : Mendengarkan

1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

1. 1 Menyimpul­kan isi berita yang diba­cakan dalam beberapa kalimat

Penyimpulan berita

o Mendengarkan berita

o Menuliskan pokok-pokok berita

o Memberikan tanggapan terhadap isi berita lewat diskusi

o Menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita

o Menyimpulkan isi berita dalam satu alinea.

· Mampu menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan

· Mampu menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita

· Mampu menyimpulkan isi berita dalam satu alinea.

Tes tulis

Tes uraian

· Tuliskan minimal tiga pokok berita yang terdapat dalam rekaman berita berikut ini!

· Tunjukkan intisari pokok-pokok beritanya!

· Tuliskan simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea!

2 X 40’

TV/Radio

Kaset/CD berita

Teks Berita

1.2 Menuliskan kembali be­rita yang di­bacakan ke dalam bebe­rapa kalimat

Penulisan berita (yang didengarkan)

o Mendengarkan berita yang dibacakan di radio/televisi

o Mendiskusikan pokok-pokok berita

o Menuliskan pokok-pokok berita yang-dikembangkan ke dalam beberapa kalimat

· Mampu menemukan pokok-pokok berita yang didengarkan melalui radio/televisi

· Mampu menuliskan isi berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat

Tes tulis

Tugas rumah

· Dengarlah berita di ... pada pukul ... malam nanti, kemudian tentukan pokok-pokok beritanya!

· Tuliskan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat!

2 X 40’

TV/Radio

Kaset/CD berita

Teks berita


Standar Kompetensi : Berbicara

2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumumam

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

2.1 Mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif

Cara menceritakan pengalaman yang menge­sankan dan implementasi- nya

o Mendengarkan cerita dari narasumber mengenai pengalaman yang mengesankan dengan du­kungan gambar seri

o Bertanya jawab mengenai cerita yang mengesankan

o Menulis daftar pengalaman yang mengesankan.

o Memilih pengalaman yang paling mengesankan dari berbagai peng­alaman yang telah didaftar.

o Menyusun pokok-pokok cerita men­jadi rangkaian cerita pengalaman

o Berlatih bercerita

o Bercerita berdasarkan pokok-pokok rangkaian cerita dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif

· Mampu mendata pokok-pokok cerita pengalaman yang me­nge­sankan

· Mampu menyusun pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita pengalaman melalui tanya ja­wab

· Mampu menceritakan penga­laman yang paling menge­san­kan berdasarkan pokok-pokok rangkaian cerita dengan meng­gunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif

Tes unjuk kerja

Uji petik kerja prosedur dan produk

· Identifikasilah pokok-pokok cerita pengalamanmu yang kamu pan­dang paling mengesankan!

· Susunlah pokok-pokok cerita itu menjadi rangkaian cerita! Gunakahlah pilihan kata yang tepat dan efektif!

· Ceritakanlah pengalamanmu yang paling mengesankan itu secara lisan!

6X40’

Pengalaman pribadi yang mengesan-kan

Buku Teks

2.2 Menyam-paikan pengu-mumam de­ngan intonasi yang tepat serta meng­gunakan ka­limat-kalimat yang lugas dan sederha­na

Penyampaian pengu­muman

o Membaca dan mencermati teks pengumuman

o Menentukan topik sebuah pengumuman yang akan disusun yang berasal dari lingkungan

o Mendiskusikan pokok-pokok pengu­mum­an

o Merangkai pokok-pokok pengumuman menjadi sebuah pengumuman

o Berlatih mengumumkan

o Mengumumkan dengan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana

· Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman

· Mampu merangkai pokok-pokok pengumuman menjadi sebuah pengumuman

· Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana

Tes unjuk kerja

Uji petik kerja prosedur dan produk

· Umumkanlah secara lisan masalah ... dengan cara: tentukan terlebih dahulu pokok-pokok pengumuman itu kemudian rangkailah pokok-pokok itu menjadi sebuah pengumuman! Gunakanlah kalimat yang lugas dan sederhana!

6X40’

Selebaran Pengumum-an

Lingkungan

Buku teks


Standar Kompetensi : Membaca

3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

3.1 Menemu-kan makna kata tertentu da­lam kamus secara cepat dan tepat de­ngan konteks yang diingin­kan melalui kegiatan mem­baca memindai

Cara menemukan makna kata secara cepat dan implementasi-nya

o Membaca teks nonsastra

o Bertanya jawab mengenai isi bacaan

o Menandai kata-kata baru dan menentukan kata itu sebagai lema yang akan dicari maknanya dari kamus

o Berpasangan untuk menemukan lema secara cepat dan tepat dari kamus yang sudah disediakan (satu siswa mencari lema, siswa yang lain menghitung waktu)

o Berpasangan untuk menemukan makna kata (lema) secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam teks bacaan (satu siswa mencari arti lema sesuai konteks, siswa yang lain menghitung waktunya)

· Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat

· Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan

Observasi

Lembar observasi

· Siswa dapat menemukan lema dalam kamus dengan waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak

· Siswa dapat menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak

2 X 40’

Kamus istilah Kamus Besar Ba­ha­sa Indonesia

Buku Teks

Bacaan nonsastra

3.2 Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit

Penyimpulan isi bacaan

o Membaca bacaan yang terdiri atas 200 kata atau kelipatannya.

o Menghitung kecepatan membaca

o Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan

o Menentukan pokok-pokok bacaan

o Merangkai pokok-pokok bacaan

o Menyimpulkan isi bacaan

o Mampu membaca cepat 200 kata per menit

o Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan

o Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan

Tes unjuk kerja

Uji petik kerja prosedur dan produk

· Buka dan bacalahlah teks yang terlipat di atas mejamu setelah terdengar bel satu kali dan berilah tanda garis miring pada akhir kata yang dibaca setelah terdengar bel 2 kali!

· Jawablah beberapa pertanyaan berikut!

1. ...

2. ...

· Tuliskan pokok-pokok bacaan itu, kemudian simpulkan isi bacaan berdasarkan pokok-pokok bacaan itu!

2X40’

Stopwatch,

Buku teks, Teks bacaan

3.3 Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat

Pembacaan teks perangkat upacara

o Mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara

o Membaca dan mencermati teks perangkat upacara

o Menandai teks dengan tanda-tanda intonasi

o Berlatih membacakan teks perangkat upacara

o Membacakan teks perangkat upacara bendera dengan intonasi yang tepat

· Mampu mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara

· Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara bendera dengan intonasi yang tepat

Tes tulis

Tes unjuk kerja

Tes uraian

Uji petik kerja produk

· Identifikasilah berbagai teks perangkat upacara yang terdapat di sekolahmu!

· Bacakanlah minimal dua teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat!

6 X 40’

Perangkat upacara ben­dera

Buku teks

Tidak ada komentar: