Lampiran 3
Silabus
Sekolah : ...
Mata Pelajaran : ...
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1. 1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat | Penyimpulan berita | o Mendengarkan berita o Menuliskan pokok-pokok berita o Memberikan tanggapan terhadap isi berita lewat diskusi o Menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita o Menyimpulkan isi berita dalam satu alinea. | · Mampu menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan · Mampu menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita · Mampu menyimpulkan isi berita dalam satu alinea. | Tes tulis | Tes uraian | · Tuliskan minimal tiga pokok berita yang terdapat dalam rekaman berita berikut ini! · Tunjukkan intisari pokok-pokok beritanya! · Tuliskan simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea! | 2 X 40’ | TV/Radio Kaset/CD berita Teks Berita |
1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat | Penulisan berita (yang didengarkan) | o Mendengarkan berita yang dibacakan di radio/televisi o Mendiskusikan pokok-pokok berita o Menuliskan pokok-pokok berita yang-dikembangkan ke dalam beberapa kalimat | · Mampu menemukan pokok-pokok berita yang didengarkan melalui radio/televisi · Mampu menuliskan isi berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat | Tes tulis | Tugas rumah | · Dengarlah berita di ... pada pukul ... malam nanti, kemudian tentukan pokok-pokok beritanya! · Tuliskan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat! | 2 X 40’ | TV/Radio Kaset/CD berita Teks berita |
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumumam
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif | Cara menceritakan pengalaman yang mengesankan dan implementasi- nya | o Mendengarkan cerita dari narasumber mengenai pengalaman yang mengesankan dengan dukungan gambar seri o Bertanya jawab mengenai cerita yang mengesankan o Menulis daftar pengalaman yang mengesankan. o Memilih pengalaman yang paling mengesankan dari berbagai pengalaman yang telah didaftar. o Menyusun pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita pengalaman o Berlatih bercerita o Bercerita berdasarkan pokok-pokok rangkaian cerita dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif | · Mampu mendata pokok-pokok cerita pengalaman yang mengesankan · Mampu menyusun pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita pengalaman melalui tanya jawab · Mampu menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan pokok-pokok rangkaian cerita dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif | Tes unjuk kerja | Uji petik kerja prosedur dan produk | · Identifikasilah pokok-pokok cerita pengalamanmu yang kamu pandang paling mengesankan! · Susunlah pokok-pokok cerita itu menjadi rangkaian cerita! Gunakahlah pilihan kata yang tepat dan efektif! · Ceritakanlah pengalamanmu yang paling mengesankan itu secara lisan! | 6X40’ | Pengalaman pribadi yang mengesan-kan Buku Teks |
2.2 Menyam-paikan pengu-mumam dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana | Penyampaian pengumuman | o Membaca dan mencermati teks pengumuman o Menentukan topik sebuah pengumuman yang akan disusun yang berasal dari lingkungan o Mendiskusikan pokok-pokok pengumuman o Merangkai pokok-pokok pengumuman menjadi sebuah pengumuman o Berlatih mengumumkan o Mengumumkan dengan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana | · Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman · Mampu merangkai pokok-pokok pengumuman menjadi sebuah pengumuman · Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana | Tes unjuk kerja | Uji petik kerja prosedur dan produk | · Umumkanlah secara lisan masalah ... dengan cara: tentukan terlebih dahulu pokok-pokok pengumuman itu kemudian rangkailah pokok-pokok itu menjadi sebuah pengumuman! Gunakanlah kalimat yang lugas dan sederhana! | 6X40’ | Selebaran Pengumum-an Lingkungan Buku teks |
Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Menemu-kan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai | Cara menemukan makna kata secara cepat dan implementasi-nya | o Membaca teks nonsastra o Bertanya jawab mengenai isi bacaan o Menandai kata-kata baru dan menentukan kata itu sebagai lema yang akan dicari maknanya dari kamus o Berpasangan untuk menemukan lema secara cepat dan tepat dari kamus yang sudah disediakan (satu siswa mencari lema, siswa yang lain menghitung waktu) o Berpasangan untuk menemukan makna kata (lema) secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam teks bacaan (satu siswa mencari arti lema sesuai konteks, siswa yang lain menghitung waktunya) | · Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat · Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan | Observasi | Lembar observasi | · Siswa dapat menemukan lema dalam kamus dengan waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak · Siswa dapat menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak | 2 X 40’ | Kamus istilah Kamus Besar Bahasa Indonesia Buku Teks Bacaan nonsastra |
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit | Penyimpulan isi bacaan | o Membaca bacaan yang terdiri atas 200 kata atau kelipatannya. o Menghitung kecepatan membaca o Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan o Menentukan pokok-pokok bacaan o Merangkai pokok-pokok bacaan o Menyimpulkan isi bacaan | o Mampu membaca cepat 200 kata per menit o Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan o Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan | Tes unjuk kerja | Uji petik kerja prosedur dan produk | · Buka dan bacalahlah teks yang terlipat di atas mejamu setelah terdengar bel satu kali dan berilah tanda garis miring pada akhir kata yang dibaca setelah terdengar bel 2 kali! · Jawablah beberapa pertanyaan berikut! 1. ... 2. ... · Tuliskan pokok-pokok bacaan itu, kemudian simpulkan isi bacaan berdasarkan pokok-pokok bacaan itu! | 2X40’ | Stopwatch, Buku teks, Teks bacaan |
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat | Pembacaan teks perangkat upacara | o Mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara o Membaca dan mencermati teks perangkat upacara o Menandai teks dengan tanda-tanda intonasi o Berlatih membacakan teks perangkat upacara o Membacakan teks perangkat upacara bendera dengan intonasi yang tepat | · Mampu mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara · Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara bendera dengan intonasi yang tepat | Tes tulis Tes unjuk kerja | Tes uraian Uji petik kerja produk | · Identifikasilah berbagai teks perangkat upacara yang terdapat di sekolahmu! · Bacakanlah minimal dua teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat! | 6 X 40’ | Perangkat upacara bendera Buku teks |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar